Wisata Indonesia Candi Cangkuang

Posted By: Unknown - 9:02 AM

Share

& Comment


Setelah menceritakan tentang wisata di Indonesia Situ Bagendit, sekarang kita akan berkunjung ke Candi Cangkuang yang masih terletak di daerah Garut, tepatnya di kampung Pulo Desa Cangkuang, Kecamatan Leles Kabupaten Garut. Nama Candi Cangkuang diambil dari nama desa tempat Candi itu berada. Candi Cangkuang merupakan candi Hindu peninggalan dari abad ke 8 M. Candi Cangkuang berada pulau tengah – tengah danau atau situ Cangkuang dan untuk bisa mencapai Candi Cangkuang anda dapat menggunakan jasa penyebrangan rakit yang dapat menampung banyak orang.
Tepat di pinggir Candi terdapat sebuah makam kuno yaitu makam Eyang Embah Dalem Arif Muhammad. Beliau adalah penyebar agama Islam di wilayah tersebut kala itu sehingga walaupun Candi Cangkuang adalah peninggalan masa Hindu akan tetapi disekitar Candi banyak terdapat juga peninggalan agama Islam. Dan penduduk sekitar Candi Cangkuang mengakui kalau mereka adalah keturunan langsung dari Eyang Embah Dalem Arif Muhammad. Selain itu di kawasan Kampung Pulo terdapat cagar budaya yaitu pemukiman adat masyarakat Kampung Pulo yang masih terjaga kelestariannya dimana penduduknya sangat memegang aturan dan adat istiadat yang berlaku.
Perjalanan menuju Candi Cangkuang sangat mudah diakses karena hanya berjarak kurang lebih 3 km dari pusat Kota Garut. Banyak alat transportasi untuk menuju tempat pariwisata Candi Cangkuang seperti delman, ojek atau anda juga bisa mecapainya dengan berjalan kaki baru setelah itu menggunakan rakit atau sampan untuk menuju Candi tersebut. Untuk tempat berlibur yang unik ini, fasilitas yang tersedia pun termasuk lengkap seperti toilet umum, mushola, tempat parkir yang luas, dan juga terdapat kios – kios penjual makanan dan penjual oleh – oleh yang bisa anda beli untuk di jadikan buah tangan ketika pulang nantinya.
Candi Cangkuang bisa menjadi destinasi liburan yang sangat menarik bersama keluarga. Bagi yang suka travelling jangan sampai melewatkan hiburan dengan datang berkunjung ke Candi Cangkuang, ini bisa menjadi sumber tambahan pengetahuan juga untuk anda. Maka dari itu jangan lewatkan untuk berkunjung kesana.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2015 Surga Wisata Indonesia

Designed by Templatezy & Copy Blogger Themes